Kamis, 24 Februari 2011

Makhluk Gaib Bali

Info By: Agus Sukma


Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak kultur kebudayaan. Mulai dari busana adat, senjata tradisional, rumah adat, kebudayaan dan lain sebagainya. Selain itu, di dunia gaib pun Indonesia memiliki cirri khasnya masing-masing. Meskipun beberapanya ada yang sama Cuma berbeda nama saja. Nah, di postingan kali ini, saya ingin membagi sedikit pengetahuan tentang setan-setan atau dikenal dengan nama Wong Samar yang ada di Bali. 

Celuluk
Makhluk gaib ini yang saya tahu merupakan makhluk gaib paling terkenal di Bali. Secara nyatanya saya belum pernah melihat bagaimana sosok yang sebenarnya dari makhluk gaib ini. Jika dilihat dari pemaparan orang-orang yang katanya pernah melihat sosok ini dan dari pementasan calonarang sosok ini kurang lebih berbentuk seperti manusia, berkepala gundul dengan menyisakan sedikit rambut di bagian belakang dan tentunya berwajah menyeramkan. Perutnya gendut dengan susu yang gelantungan. Kuku di setiap jari tangannya begitu panjang. Yah…kalau bisa dibilang kurang lebih samalah dengan wewe gombel dalam mitos hantu jawa, yang membedakan Cuma parasnya saja. 

Tonya
Wong samar yang satu ini biasanya menghuni tempat yang lembat dan gelap seperti sungai, jurang, danau dan lain-lain. Sosoknya digambarkan menyeramkan dengan rambut yang acak-acakan ada juga yang melihat Tonya ini berbentuk seperti anak-anak yang suka bermain air. Ada satu kejadian menarik dengan Tonya ini, walau saya ga ngelihatnya secara langsung tapi saya meyakini adanya,dan menurut kebanyakan orang tonya itu sendiri lebih aktif pada siang hari,sekitar pukul 12.00 siang. Tonya biasanya dijadikan objek untuk menakuti-nakuti anak-anak supaya tidak terlalu lama maen di sungai. 

Memedi
Memedi ini selalu saja jadi sosok yang sering dijadikan bahan untuk menakut-nakuti anak kecil. “De melali tengai tepet, engkebang memedi nyanan” (jangan maen siang2 bolong, nanti disembunyiin memedi) seperti orang tua dulu kalau memperingati anak-anaknya. Memedi digambarkan berwajah seram, dengan rambut panjang dan acak-acakkan, seringkali rambutnya digambarkan berwarna merah cerah. Menempati pohon bambu atau pohon lebat. Seperti yang saya bilang tadi, seringkali memedi ini sebagai makhluk gaib yang suka menyembunyikan anak kecil.ini sejenis wewek gombel di jawa. 

Gregegk Tunggek
Gregek tunggek ini digambarkan sama dengan sosok kuntilanak atau Sundel Bolong yaitu sesosok perempuan dengan wajah menakutkan, rambut terurai panjang plus busana putih kebanggaannya, seperti itulah kalau tidak salah penggambarannya yang pernah saya baca di majalah Bali Aga beberapa tahun silam. Biasanya menempati pohon, kuburan, rumah kosong, hutan. Jadi bisa dibilang kalau Gregek Tunggek itu bahasa Balinya Kuntilanak dan Sundel Bolong. 

Jaka Tunggul
Kalau Jaka Tunggul ini digambarkan seperti pohon Jaka atau dalam bahasa Indonesianya pohon enau mempunyai ukuran sangat besar dan seringkali Jaka tunggul ini bergerak jadi tidak diam di satu tempat. 

Bererong
Sama seperti tuyul, tugas dari makhluk gaib ini adalah mendapatkan kekayaan/pesugihan. Digambarkan seperti seekor ular yang dapat menyelinap sesuai kehendak sang pemilik. apabila bererong telah mendapatkan hasilnya, maka dia akan menggoyangkan badannya dan dari badannya akan keluar barang-barang berharga yang dicurinya. 

Banaspati
Sebenarnya ragu kalau saya menyebutkan Banaspati ini sebagai wongsamar karena ada yang bilang banaspati ini sebagai ancangan/unen-unen tempat yang keramat. Maaf kalau saya memasukkannya sebagai jenis wong samar. Tidak banyak orang tahu bagaimana sosok penggambaran dari Banaspati ini karena konon sangat berbahaya jika sampai kepergok melihat Banaspati. Ada yang bilang, Banaspati seperti sosok barong, setiap kemunculannya selalu diiringi dengan bunyi gongsengan/lonceng kuda tapi berirama seperti gongsengan barong. Ada juga yang bilang sosoknya seperti anjing tetapi setiap dilihat sosok anjing semakin lama semakin membesar sampai tidak terlihat ujungnya. Banaspati sangat jarang menampakkan diri.
Mungkin ada yang bertanya kenapa saya nggak memasukkan Leak? Hehehe…yang saya tahu Leak itu bukan makhluk gaib tetapi sebuah ilmu gaib. Tapi kebanyakan orang menganggap kalau setan yang ada di Bali disebut Leyak. Ilmu Leyak sudah ada sejak zaman nenek moyang dulu. Ada berbagai cara mempelajari Leyak. Ada yang dari pewarisan orang tua, ada yang khusus mempelajari dengan mengikuti kegiatan di pesraman khusus Leyak dan ada juga yang dengan Newas Raya atau memohon langsung kepada Dewi Durga.
Oke postingan ini tujuannya hanya untuk berbagi apa yang saya tahu tentang makhluk gaib yang ada di Bali. Data-data yang ada disini pun Cuma pendapat saya dan pendapat dari saudara-saudara bukan berupa data akurat dari sebuah buku. Jadi, mohon maaf kalau apa yang saya jelaskan disini tidak seratus persen benar. Mungkin ada yang lebih tahu…bisa dishare disini atau kalian bisa share tentang makhluk gaib dari daerah anda.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 800juta saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan ki sholeh pati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI SHOLEH PATI kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SHOLEH PATI di 0852-1905-3025 situsnya www.PESUGIHANISLAMI.ye.vc agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi KI SHOLEH PATI pasti akan di bantu


    BalasHapus